Senam Hamil di RSIA Tambak

Rewrite from July 17, 2016

Aku ingin share sedikit tentang pengalaman pertamaku mengikuti senam hamil. Sejak kontrol hamil usia 28 minggu, dokter sudah mengingatkan untuk mulai ikut senam hamil. Sebetulnya aku pengen ikut senam hamil di RSIA Bunda tempat aku (insya Allah) akan melahirkan nanti, tapi karena full akhirnya aku mencoba senam hamil di RSIA Tambak. Senam hamil disini salah satu favorit ibu-ibu di forum kehamilan dan kebetulan dekat dengan rumah.


Senam hamil di RSIA Tambak ini menggunakan metode pilates. Per kedatangan biayanya Rp50.000, tapi kita juga bisa ambil paket 4x kedatangan dengan harga Rp150.000 sudah termasuk free t-shirt. Cukup murah kan? Apalagi di akhir sesi dapet snack dan susu anget.



Awalnya sempat bingung antara merutinkan prenatal yoga atau senam hamil, tapi ternyata manfaat keduanya berbeda. Kalau di yoga tujuannya adalah relaksasi dan stretching tubuh bumil yang sakit-sakit atau pegel. Nah kalau senam hamil, kita juga diajarin teknik pernafasan dan ngeden untuk persiapan persalinan nanti. Yang ngasih materinya ibu bidan, jadi di akhir sesi bisa sekalian tanya jawab seputar persalinan juga.



Karena manfaatnya saling melengkapi satu sama lain, menurutku ibu hamil wajib ikut dua-duanya, baik yoga maupun senam hamil. Semoga ke depannya tiap weekend nggak ada jadwal yang bolong ya, Dik.



Love,

Comments

Popular Posts