Pregnancy Post: 24 Weeks

Rewrite from June 12, 2016

Alhamdulillaah puasa sampai hari ke-6 kemarin lancar. Sampai sekarang rasanya masih sama kayak puasa 'sendiri', tapi kalo perut udah kosong jadi kerasa banget kalo si Adik nendang. Kuncinya makan tetep 3x sehari: sahur, buka puasa & sebelum tidur. Minum juga harus 8 gelas, 3 gelas pas sahur & 5 gelas dari buka sampai tidur.

Dua hari kemudian Mama kontrol ke dokter untuk lihat perkembangan Adik.




Ini toh kaki Adik yang suka nendangin Mama? Alhamdulillaah kemarin udah bisa lihat jari-jari tangan dan kaki Adik yang insya Allah sempurna...
Semalam habis kontrol dokter dan ternyata banyak PR-nya.  Karena saya punya bakat PCO dokter tegas banget kalau berat badan saya maksimal naik 2kg/bulan. Bulan ini nggak disangka saya naik 4kg! Tapi sayangnya berat Adik cuma naik 200gr, dari semula 450gr jadi 650gr. Padahal bulan ini diharapkan beratnya udah mencapai 700-800gr. Ibaratnya apa yang Mama makan nggak bisa Adik serap karena kurang bergizi untuk Adik, jadi larinya ke Mama semua. Alhasil saya wajib ngurangin makan karbohidrat, minuman manis, cokelat, junk food, serta perbanyak buah dan sayur.
Dokter menyarankan saya nggak berpuasa dengan tujuan menjaga pola makan. Bagi penderita PCO sendiri, kenaikan berat badan yang terlalu tinggi bisa memicu keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan kehamilan (Na’udzubillahi mindzalik). Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh dokter di antaranya brokoli, buah naga merah, tomat, dan telur.
I felt really bad last night, but your Daddy and I promised to do our best for you, Adik. Kalau ada saran gimana naikin berat badan baby tapi nggak lari ke ibunya boleh yaa di-share 😊


Love,



Comments

Popular Posts