Skip to main content

Wedding Venue: Sasana Kriya

Kata orang, hal pertama yang harus dilakukan dalam mempersiapkan pernikahan adalah booking gedungnya.

Alasan pertama adalah cari gedung pernikahan di Jakarta memang susah, kurang lebih harus booking dari satu tahun sebelumnya. Kedua, setelah booking gedung, biasanya kita akan lebih terpacu untuk mempersiapkan kelengkapan lainnya, karena tanggal pernikahan  sudah fix.

Pertama-tama saya, Adrie, dan keluarga mulai memperkirakan jumlah tamu yang akan diundang, estimasinya adalah 1200 undangan alias 2400 tamu. Huge, right? Kenapa bisa segitu banyak? Selain karena memang kolega dari orang tua saya yang cukup banyak, teman-teman sekolah dan komunitas-komunitas yang saya ikuti, juga karena pihak calon suami saya memilih untuk tidak ngunduh mantu, sehingga jumlah undangan untuk pihak Adrie pun cukup banyak.

Kami mendata gedung-gedung mana saja di Jakarta yang cukup representatif dan bisa memuat 2400 hingga 3000 tamu. Beberapa pilihan kami antara lain adalah Balai Samudera, Gedung Dhanapala, Sasana Kriya, dan Hotel Bidakara. Setelah mempertimbangkan bentuk fisik gedung, lokasi,  perkiraan harga, dan kemantapan hati, akhirnya pilihan kami jatuh kepada Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Gedung Sasana Kriya sudah mulai berdiri sejak tahun 1975, yang kemudian melakukan renovasi total pada tahun 1996 untuk di tingkatkan fungsinya menjadi pengembangan desain dan promosi aneka industri, yang diresmikan oleh ketua yayasan harapan ktia / BP3 TMII, Ibu Tien Soeharto pada tanggal 19 april 1996. Di tahun 2012, gedung Sasana Kriya, kembali melakukan desain ulang dan renovasi total menjadi gedung serbaguna, dengan arsitektur modern dan fasilitas lengkap. Ada dua ballroom di Sasana Kriya, yaitu Ballroom Mandira dengan kapasitas hingga 1500 dan Ballroom Carani dengan kapasitas 1000 orang. Mengingat tamu kami adalah 2400 orang, maka kami menyewa kedua Ballroom tersebut (Grand Ballroom).

Selain gedungnya masih tergolong baru dan kapasitasnya yang besar, kami juga mantep dengan area parkir yang sangat luas, adanya hotel untuk keluarga dekat yang dekat dari gedung (Hotel Santika), juga kesempatan bagi saudara-saudara kami yang datang jauh dari Solo, Palembang, dll. yang bisa menikmati hiburan di kawasan TMII sebelum atau sesudah acara berlangsung.

Inilah beberapa foto venue kami:

Tampak Depan






Tampak Samping




 Pintu Gerbang



Area Lobby






Ballroom






Ruang VIP & Ruang Rias


(Sumber: sasanakriya.com)

Comments

  1. Hi mba,

    Saya Ivonne, cofoundernya KlubEvent.com – Komunitas online bagi para perencana event/wedding share review vendor event mereka. Saya sempat baca kalau mba sempat pakai Sasana Kriya utk nikahnya dan ingin bertanya bila mba berkenan untuk memberikan review pendek untuk vendor ini dan ditampilkan di KlubEvent.com? Tentunya review mba akan sangat membantu kawan-kawan lain yang sedang bingung mencari vendor untuk wedding/event mereka. Kalau berkenan, tolong dikirim email ke ipratiwi@klubevent.com nanti saya kirim review formnya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Jangan DP sasana kriya jika anda belum tentu jadi menikah atau tidak mau rugi.. Karena DP sasana kriya TIDAK BISA DIALIHKAN KE PIHAK LAIN (Secara implisit, karena tidak ada dalam ketentuannya).. Dalam peraturannya, hanya ada kata "tidak bisa dialihkan ke acara lain.. "

    Mohon pengantin agar jangan terjebak

    ReplyDelete
  5. Jangan DP sasana kriya jika anda belum tentu jadi menikah atau tidak mau rugi.. Karena DP sasana kriya TIDAK BISA DIALIHKAN KE PIHAK LAIN (Secara implisit, karena tidak ada dalam ketentuannya).. Dalam peraturannya, hanya ada kata "tidak bisa dialihkan ke acara lain.. "

    Mohon pengantin agar jangan terjebak

    ReplyDelete
  6. Hallo, aku mau sharing ttg pernikahan aku kmren tgl 29 april 2017 di gedung graha elnusa .. awalnya yang aku tau elnusa bisa di sewakan hanya gedungnya saja tapi pas aku survei di bulan desember 2016 mereka sudah renovasi gedung full karpet + lampu gantung serta all in package!! memang lebih mudah sih vendor mereka juga bagus .. setelah diskusi dengan keluarga akhirnya mereka OK dgn pertimbangan jalur gampang via tol dan parkiran yg sangat luas serta ballroom yg ada di ground floor memudahkan sesepuh utk datang .. soal harga? jangan di tanya di elnusa termurah di antara gedung se- TB SIMATUPANG dan 1 lgi yg terpenting aku dapat banyak bonuuuss .. woohhooooo asik kan :).. kalo mau sharing silahkan kontak aku 087881656581

    ReplyDelete
  7. Make your dreams wedding come true at HIS Graha Elnusa . Get best Promo NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 087800160870/08561796668 intan

    ReplyDelete
  8. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MPASI Komersial: Why Not?! Pastikan bernutrisi, aman higienis, dan dengan bahan pilihan

MPASI (Makanan Pendamping ASI) selalu jadi topik yang menarik untuk diperbincangkan di kalangan para ibu. Sejak bayi berusia 6 bulan, kandungan zat gizi dalam ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, makanya mereka mulai membutuhkan MPASI. Pemberian MPASI bertujuan memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi pada bayi untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal. Zat gizi terdiri dari makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak, serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Jadi, makanan yang kita berikan ke anak tidak hanya menjadi pemenuh rasa lapar anak saja, tapi juga berpengaruh kepada perkembangan otak (kecerdasan), berat badan, tinggi badan, serta daya tahan tubuh.
Tiap unsur zat gizi harus didapatkan dalam jumlah cukup di dalam MPASI. Misalnya, bayi berusia 6 bulan atau lebih memiliki kebutuhan asupan zat besi 11 mg/hari. ASI hanya mensuplai zat besi sekitar 2 mg saja, sisanya harus didapatkan dari MPASI. Makanan yang mengandung zat besi tinggi contohnya da…

Yakin Tumbuh Kembang Si Kecil Sesuai Usianya? Cek Pakai Kalkulator Akal Fisik Sosial

Hunting Kotak Seserahan

Mencari kotak seserahan itu ternyata susah-susah-gampang. Salah satu pertimbangannya adalah: mau diapakan kotak-kotak itu setelah weddingday? Sejak itu saya mulai mencari inspirasi kotak seserahan yang tidak habis manis sepah dibuang.
Pertama, sempat terpikir untuk menyewa kotak seserahan dari jasa hias dan persewaan kotak seserahan. Beberapa yang terkenal di Jakarta antara lain House of Seserahan dan Istje Seserahan. Setelah tanya harganya, ternyata lumayan mahal juga ya. Jasa hias dan sewa kotak itu mulai dari Rp150.000 per kotaknya. Itupun kotaknya harus kita kembalikan setelah acara selesai. Tapi kualitas kotak seserahan yang disewakan biasanya memang premium quality.
Lalu saya pun mencoba hunting ke Pasar Mayestik. Di lantai basement, ada banyak banget pilihan kotak seserahan.

Harganya bervariasi banget, mulai dari yang very affordable sampai yang costly tergantung budget si calon pengantin. Tapi kemarin saya belum menemukan kotak seserahan yang sreg di hati hehehe.
Kebetulan we…